Standar Layanan Kodeweb
Disclaimer: Syarat dan Ketentuan Layanan Kodeweb berlaku jika Anda sudah menggunakan/membayar layanan Kodeweb
Quick Link
Komunikasi Antar Pihak
Prosedur
Komunikasi terkait proses negosiasi dan kesepakatan harga antara Kodeweb dengan klien dilakukan melalui Account Manager. Jalur komunikasi dapat berupa nomor WhatsApp dari Account Manager, Panggilan Telepon, dan juga email ke produksi@kodeweb.com
Komunikasi terkait teknis pengerjaan website, revisi, dan maintenance dikomunikasikan melalui email saja pada alamat produksi@kodeweb.com
Jadwal Kerja
Jam buka untuk call telepon Kodeweb adalah pukul 09:00-16:00 WIB setiap hari Senin hingga Jumat. Tanggal merah dan jadwal cuti bersama libur.
Pengerjaan website dilaksanakan sesuai hari kerja yaitu hari Senin hingga Jumat dari jam 08:00-17:00 WIB. Untuk hari Sabtu, Minggu, dan tanggal merah adalah libur sehingga proses pembuatan dan konsultasi akan dilakukan esok hari.
Klien tetap dapat menghubungi Kodeweb di luar jam kerja Senin hingga Juam 08:00-17:00 WIB melalui chat atau email dengan batas toleransi sewajarnya. Mohon diperhatikan bahwa Kodeweb tidak memprioritaskan komunikasi di luar jam kerja, terutama pada tanggal merah atau hari libur.
Etika Komunikasi
Kodeweb berhak untuk membatalkan perjanjian kerja sama jika terdapat komunikasi yang tidak sepantasnya diucapkan seperti cacian terhadap karyawan, hinaan berbau rasis, dan segala bentuk ucapan tidak terpuji.
Kodeweb berhak memutuskan panggilan telepon jika klien menggunakan kata-kata yang tidak pantas dan menyalahi prosedur tata cara telepon berdasarkan etika baik.
Pembicaraan atau request di luar dari proses pengerjaan website juga menjadi pertimbangan kami untuk membatalkan perjanjian kerja sama secara sepihak.
Pengerjaan Website
Proses Pengerjaan
Proses pengerjaan website akan kami mulai setelah kami menerima konfirmasi pembayaran dari klien.
Kodeweb akan memberikan waktu pengisian dokumen persiapan website selama 1 bulan (30 hari) kepada klien.
Jika dokumen persiapan website tidak dikirimkan dalam waktu 30 hari, masa aktif layanan (domain, hosting, dan layanan maintenance website) akan dimulai pada hari ke-31.
Jika dokumen persiapan website dikirimkan sebelum 30 hari, masa aktif layanan (domain, hosting, dan layanan maintenance website) akan aktif setelah proses pembuatan website selesai atau dipublikasikan.
Kodeweb akan memproses pembuatan website apabila dokumen persiapan yang dikirim melalui email sudah diisi oleh klien. Durasi pembuatan akan berlangsung dengan estimasi 15-30 hari kerja terhitung dari saat klien mengirimkan dokumen persiapan website.
Jika dokumen persiapan website tidak lengkap atau tidak diisi sama sekali maka proses pembuatan website akan ditunda hingga klien mengisi dokumen persiapan tersebut. Kodeweb akan mengkonfirmasi ulang jika dokumen persiapan tidak lengkap melalui email atau WhatsApp.
Batas pengiriman dokumen persiapan yang sudah diisi klien adalah 1 bulan sejak pembayaran diterima. Jika melebihi batas waktu tersebut, maka klien dianggap mengundurkan diri dari proyek pembuatan website dan Kodeweb tidak berkewajiban mengembalikan biaya pembuatan website yang sudah dibayarkan.
Semua file atau gambar harus sudah diedit oleh klien, sehingga kami tidak perlu lagi melakukan cropping atau membersihkan latar gambar atau foto. Jika kami menerima file atau gambar yang perlu diedit kami akan memberitahukan klien untuk mengirim ulang file yang sudah diedit. Klien akan dikenakan biaya tambahan jika kami mengedit file atau gambar yang dikirim dan biaya tambahan akan kami tagih setelah website sudah selesai dikerjakan atau online.
Kodeweb berhak menentukan deadline atau batas waktu penyelesaian website yang masuk.
Jika klien membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih cepat dari estimasi yang kami tentukan, Anda bisa menghubungi kami untuk membicarakan hal tersebut. Kami dapat mendiskusikan mengenai biaya tambahan untuk layanan kilat tersebut. Dalam hal ini, kami bisa mengusahakan agar website Anda siap dalam waktu yang singkat.
Kodeweb berhak untuk mempercepat proses pengerjaan website klien jika dalam kurun waktu 1, 3, dan 6 bulan lebih, klien tidak memberikan konfirmasi lebih lanjut mengenai websitenya.
Proyek website yang "mangkrak" seperti yang dijelaskan pada poin di atas, akan diselesaikan Kodeweb tanpa menunggu instruksi dari klien dan kesempatan revisi akan hangus.
Jika klien sudah mendapatkan notifikasi dari Kodeweb dan bersedia ingin meneruskan proyeknya, maka dokumen dan konten-konten kelengkapan beserta instruksinya dikirimkan maksimal seminggu sebelum tanggal deadline online.
Jika klien sudah mendapatkan notifikasi namun tidak segera membalas atau memberikan kejelasan konfirmasi websitenya, maka Kodeweb berhak untuk segera menyelesaikan proyek tanpa harus menunggu instruksi lebih lanjut dari klien.
Untuk maksimal produk yang akan ditambahkan oleh Tim Produksi Kodeweb hanya 30 produk. Untuk kebutuhan 30 produk atau lebih akan diberikan tutorial editing produk.
Untuk setiap halaman website, Kodeweb hanya membantu setup maksimal 7 section (contoh: Section Home, About Us, Why Choose Us, Products, Projects, Clients, & Contact). Jika lebih dari 7 section, akan dikenakan biaya tambahan.
Klien yang memiliki akses hosting dan domain di provider tertentu tidak diperbolehkan melakukan perubahan saat proses pembuatan dummy website. Jika tetap dilakukan, maka proses pengerjaan website akan dihentikan, dan website akan dipublikasikan langsung.
Klien tidak diperbolehkan melakukan perubahan konfigurasi pada tools (payment gateway, live chat, dll) yang digunakan untuk pembuatan website selama proses produksi. Jika tetap dilakukan, maka proses pengerjaan website akan dihentikan, dan website akan dipublikasikan langsung.
Klien diharapkan menonaktifkan fitur 2FA pada media sosial saat proses integrasi media sosial dengan website yang sedang dikerjakan.
Revisi Website
Klien akan diberikan kesempatan revisi sesuai dengan paket yang dipilih.
Untuk pengiriman revisi website, diharapkan dalam waktu yang bersamaan dan tidak terpisah-pisah. Contohnya dalam bentuk 1 file doc atau pdf yang berisi rincian revisinya.
Tim Produksi Kodeweb sudah menyediakan dokumen untuk revisi, klien bisa mengikuti dokumen yang sudah disediakan.
Revisi yang dikerjakan hanya revisi minor seperti perubahan gambar, teks, warna, dan susunan layout.
Revisi untuk mengubah tampilan layout atau sistem website secara keseluruhan akan dikenakan biaya sesuai dengan lama waktu dan tingkat kesulitan dari revisi tersebut.
Kami akan mengirimkan informasi saat pengerjaan website dan revisi telah diselesaikan. Jika dalam kurun waktu 2 minggu tidak ada respon maka kami akan segera mempublikasikan website tersebut tanpa persetujuan klien.
Jika klien ingin melakukan revisi setelah website online maka akan dikenakan biaya tambahan. Silakan menghubungi tim marketing Kodeweb untuk lebih detail.
Revisi yang mengubah rencana desain, layout, konten, dan perubahan terkait website dengan persentase lebih dari 50% akan dihitung sebagai request desain baru dan akan dikenakan biaya tambahan. Sehingga diharapkan klien dapat menentukan secara pasti terkait rencana pembuatan website sejak awal kontrak.
Klien yang memiliki akses hosting dan domain tidak diperbolehkan melakukan perubahan saat proses pembuatan website atau revisi website. Jika tetap dilakukan, maka proses pengerjaan website akan dihentikan, dan website akan dipublikasikan langsung.
Untuk setiap proses revisi yang dikerjakan oleh Kodeweb maksimal 10 section untuk perubahan minor. Section yang dimaksud adalah sekumpulan informasi yang masih ditampilkan dalam 1 area kelompok konten dalam sebuah website.
Maintenance Website
Kami menyediakan layanan Free Maintenance selama 1 jam per bulan. Untuk waktu pengerjaan maintenance website akan diinformasikan oleh Tim Produksi Kodeweb setelah kami mendapatkan materi maintenance yang Anda kirimkan terlebih dahulu.
Waktu maintenance yang tidak terpakai tidak dapat ditransfer ke periode berikutnya. Anda tetap akan mendapatkan waktu maintenance pada periode selanjutnya sesuai paket yang dipilih.
Maintenance yang kami lakukan hanya sebatas pada perubahan konten dan gambar (perubahan minor) pada website.
Klien yang menggunakan domain dan hosting di luar provider tertentu tidak akan mendapatkan layanan Free Maintenance. Jika ada maintenance, akan dikenakan biaya sesuai dengan kebutuhan maintenance yang dilakukan.
Hal yang sama berlaku jika klien mengelola atau memiliki hosting sendiri dengan akses Panel Hosting, maka permintaan perubahan atau maintenance akan dikenakan biaya.
Jika website dalam proses maintenance tidak bisa diperbaiki maka kami akan melakukan restore berdasarkan tanggal backup terakhir pada hosting, atau saat pertama kali website online.
Layanan Free Maintenance hanya berlaku kepada klien dengan hosting yang dikelola oleh Kodeweb dan status hosting tersebut masih aktif. Untuk Hosting yang masa aktifnya sudah habis maka akan dikenakan biaya perpanjangan terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan Free Maintenance.
Asset dan Desain
Untuk desain website hanya mengikuti dari layout atau contoh website yang Kodeweb berikan.
Untuk custom design website, akan membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama, karena harus mengubah secara total tampilan website.
Permintaan custom design pada halaman website akan dikenakan biaya tambahan karena desain tidak mengikuti layout utama dari website yang dikerjakan oleh Kodeweb.
Kodeweb tidak menyediakan jasa desain asset yang dikirimkan oleh klien, sehingga diharapkan klien bisa mengirimkan asset dan desain yang siap digunakan di website.
Kodeweb tidak melakukan editing dan maintenance untuk website yang sudah diganti oleh pihak klien sendiri, ketika website sudah dalam status online.
Kodeweb dapat melakukan restore tampilan dan desain awal ke website klien, namun akan dikenakan biaya maintenance per jam pengerjaan.
Pengerjaan Website Cepat
Waktu pengerjaan website membutuhkan waktu 7-10 hari kerja.
Waktu pengerjaan website yang dijanjikan hanya sampai preview dummy website, tidak termasuk revisi dan online website.
Jika klien menginginkan waktu pengerjaan sampai online, akan didiskusikan lebih lanjut dengan klien dan tim produksi.
Hari pertama dihitung setelah klien mengirimkan dokumen persiapan website yang 100% lengkap.
Jika dokumen persiapan dikirimkan tidak lengkap (konten, image, teks, konsep website, dll), pihak Kodeweb berhak menyesuaikan waktu pengerjaan website yang bisa lebih lama dari estimasi yang diberikan.
Pastikan klien kooperatif dengan komunikasi yang dilakukan oleh Kodeweb, agar target waktu selesai website yang diharapkan bisa tercapai.
Keterlambatan respon dari klien akan mempengaruhi pengerjaan website. Semakin responsif, semakin cepat website selesai.
Bantuan Input Konten Gratis
Pada masing-masing paket, terdapat beberapa fitur bantuan input gratis yang diberikan oleh Kodeweb (contoh bantuan input artikel, bantuan input produk, dll). Berikut adalah keterangan untuk bantuan input gratis maksimal yang dilakukan oleh Kodeweb:
Flipbook: 3 item
Blog atau Artikel: 3 item
Portfolio: 6 item
Produk: 5 item
Layanan: 5 item
Team Member: 6 item
Event: 6 item
Slider: 1 item
Course: 5 item
Untuk bantuan input yang melebihi kuota maksimal akan dikenakan biaya tambahan yang bisa Anda diskusikan dengan Account Manager dan Tim Produksi.
Bantuan Input Gratis yang belum tercantum akan tetap dibantu dikerjakan dengan pertimbangan dari Tim Produksi Kodeweb.
Upgrade Hosting dan Perpanjangan
Kebijakan upgrade Hosting mengikuti dari Syarat dan Ketentuan dari provider hosting yang digunakan oleh Kodeweb.
Jika klien ingin menggunakan provider hosting yang berbeda dengan yang digunakan Kodeweb, hal itu diperkenankan dan klien wajib menginformasikan kepada Kodeweb sebelum pengerjaan website dilaksanakan.
Jika klien ingin menggunakan Hosting dengan spesifikasi lebih tinggi, namun tidak ingin memesan Hosting secara terpisah maka klien cukup melakukan pemesanan melalui Kodeweb dengan catatan Upgrade Spesifikasi Hosting.
Jika klien ingin melakukan Upgrade ketika Website sudah aktif, maka Upgrade tetap bisa dilakukan dan mengikuti dari kebijakan dari provider hosting.
Biaya tambahan untuk Hosting dengan upgrade yang lebih tinggi akan dibebankan ketika tagihan masa perpanjangan dikirimkan.
Perihal teknis lain dan biaya dari Hosting menggunakan kebijakan yang ditentukan oleh Kodeweb dan provider hosting.